STT - PLN

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • _MG_6917.jpg
  • web004.jpg
  • edit+gedung+stt-pln+copy.jpg
  • web001.jpg
  • web002.jpg
  • lab+elektronika+industri.jpg
  • web006.jpg
  • web005.jpg
  • web007.jpg
  • IMG_0771.jpg
  • 4-3.jpg
  • P5090003.jpg
  • lab+dasar.jpg
  • web003.jpg

**Kuliah perdana angkatan 2014 pada tanggal 1 September 2014 ** Finalisasi KRS semua angkatan DITUTUP 26 Agustus 2014 **

Menuju Corporate University STT PLN

Print PDF

Hari Sabtu 19 November 2011, Ketua STT PLN Dr. Ir. Supriadi Legino menandatangani nota kesepahaman dengan Ir. Eddy D. Erningpraja MT, untuk kerjasama dalam memproses STT PLN menjadi universitas korporasi yang akan memenuhi kebutuhan SDM PLN serta kegiatan penelitian untuk pengembangan  ketenagalistrikan Berikut sambutan Ketua STT PLN yang mendapatkan gayung bersambut dari DIRSDM PT PLN pada sambutan sesudahnya dengan mendeklarasikan STT PLN sebagai universitas korporasi PLN :

 

SAMBUTAN KETUA STT PADA WISUDA STT PLN KE 19 ,19 NOVEMBER 2011

Assalamu’alaikum Wr. Wb,
- Direksi PT PLN Persero

- Koordinator Kopertis

- Ketua YPK PLN

- Ketua BPH

- Anggota Senat  dan Guru Besar STT PLN

- Para dosen dan karyawan

- Para founding father STT PLN

- Orangtua wisudawan beserta para wisudawan/wisudawati

Marilah kita panjatkan puji sukur ke hadirat Allah SWT, karena pada hari ini kita dapat melaksanakan suatu acara besar khususnya bagi para wisudawan yang baru saja menyelesaikan studinya di STT PLN dan baru saja secara resmi disyahkan menjadi sarjana teknik dan ahli madya.Kita semua mengetahui bahwa untuk menyelesaikan semua program di STT PLN sebagai perguruan tinggi teknik bukanlah pekerjaan yang mudah karena disamping kuliah yang memerlukan kemampuan matematik yang memadai, seorang mahasiswa teknik diwajibkan pula menyelesaikan praktikum-praktikum yang kesemuanya memerlukan kerja keras dan ketekunan para wisudawan/wati. Hari ini semua usaha dan kegigihan saudara/i telah membuahkan hasil dan saya ingin menekankan bahwa kesuksesan saudara/i dan juga STT PLN sebagai penyelenggara pendidikan tinggi teknik tidak lepas dari doa restu para orangtua mahasiswa  sekalian yang membantu melapangkan ridla dari Allah SWT untuk kita semua. Untuk itu kami atas nama civitas academica STT PLN mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa para orangtua mahasiswa baik secara materi maupun spiritual bagi keluarga besar STT PLN .

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Koordinator Kopertis Wilayah III yang secara konsiten memberikan bimbingan kepada STT PLN sehingga perguruan tinggi ini insya Allah akan terus meningkat mutu pendidikannya dan manfaatnya kepada masyarakat. Kami mengharapkan dukungan dari pemerintah kepada STT PLN melalui Kopertis ini dapat terus ditingkatkan baik dalam kelancaran sertifikasi dosen, peningkatan jenjang kompetensi, dan juga bantuan untuk kegiatan penelitian yang mulai tahun ini sedang kita intensifkan sehingga dalam 5 (lima) tahun mendatang, STT PLN diharapkan dapat menjadi institutsi penelitian yang dapat menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi pengembangan ketenaga listrikan di Indonesia.Kepada Pembina dan Ketua YPK PLN kami menyampaikan apresiasi karena berkat dukungan penuh dari YPK yang saat ini setiap minggu melalui Badan Pelaksana Harian selalu mengadakan rapat kordinasi untuk mempercepat perubahan untuk perbaikan STT PLN ini. Perlu kami sampaikan pada acara ini, bahwa dalam waktu kurang dari 1 (satu) tahun, STT PLN telah berhasil melakukan otomatisasi dengan sistim on-line seperti penerimaan mahasiswa baru, sistim informasi akademik, dan saat ini sedang diselesaikan sistim administrasi keuangan.

Tentunya dalam setiap perubahan selalu ada kendala dan juga berbagai kelemahan serta membuat ketidak nyamanan dalam masa transisi. Berbagai kelemahan tersebut akan kita perbaiki, dan untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas pengertian para mahasiswa dan juga mohon maaf apabila perubahan yang sedang kami lakukan ini  telah mengganggu kenyamanan para mahasiswa, dosen, dan karyawannya. Tapi perlu kami tegaskan kembali bahwa sebagai insan akademis kita tidak boleh berhenti dalam memperbaiki kualitas hidup kita, seperti kata almarhum Steve Jobs CEO legendaries dari Mac, “stay hungry and foolish. ”Semua perubahan yang kami lakukan bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan proses organisasi serta pada gilirannya nama baik STT PLN.

STT PLN harus berdiri didepan bersama dengan perguruan tinggi lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi yang walaupun mengalami kemajuan dari tahun ke tahun tapi sebagai Negara besar kenyataannya paa tahun 2010/2011  kita masih berada pada posisi ke 44 dibawah Singapura (no 3), Malaysia (no 26), Brunai (28), dan Thailan (38).

Kenyataan tersebut beserta berbagai tantangan lainnya terutama mengenai lemahnya budaya penelitian dan penulisan karya ilmiah justru akan kami jadikan pendorong dan merubahnya menjadi peluang bagi  STT PLN dalam melakukan berbagai perbaikan mutu belajar mengajar.Dalam kesempatan ini pula, kami atas nama civitas  academica STT PLN secara khusus mengucapkan  terima kasih kepada direksi PT PLN (Persero) beserta segenap jajarannya yang telah menunjukkan komitmennya dalam bentuk kerjasama penyelenggaraan pendidikan D3 mesin dan listrik dengan metoda dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan PLN. Program tersebut telah membuahkan hasil dan seluruh angkatan pertama program D3 kerjasama tersebut berhasil lulus dengan nilai baik.

Selain itu juga kami berterima kasih karena perhatian dan bantuan dalam berbagai program mulai dari penyediaan dosen, fasilitas, dan juga program penelitian yang dalam waktu kurang dari setahun kepada STTPLN kami rasakan semakin besar.

Kami percaya bahwa direksi PLN akan terus meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan STT PLN atas dasar simbiose mutualistis dengan membina secara efektif para calon pengelola ketenaga listrikan nasional ini dengan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan ketenagalistrikan  di STT PLN ini.

Perlu kami sampaikan bahwa kurikulum baru yang telah kami laksanakan mulai semester ganjil tahun 2011/2012 ini telah memberikan ruang yang lebih luas untuk menampung berbagai pelajaran sesuai dengan kebutuhan PT PLN sebagai perusahaan listrik terbesar di Negara ini. Dengan keberhasilan program D3 kerjasama ini, kami siap untuk melangkah menjadi corporate university dengan kata lain seluruh program study S1 dan D3 akan diselaraskan dengan kebutuhan industri tenaga listrik khususnya PT PLN (Persero) sebagai pengguna terbesar.

Pada acara wisuda ini, kami juga perlu menyampaikan beberapa isu yang perlu menjadi perhatian kita semua. Yang pertama yaitu membanjirnya tenaga asing  mulai dari tingkatan teknisi sampai ke konsultan dari sekitar 25 ribu di tahun 2005 menjadi sekitar 46 ribu di tahun 2010 ini.

Untuk mengurangi arus tenaga asing tersebut STT PLN siap melakukan sinergi dengan berbagai perguruan tinggi lainnya untuk secara sistematis dan efektif mendidik sebanyak mungkin mahasiswa yang berkarakter, jujur, peduli, bertanggung jawab, tangguh, dan saling menghargai. Yang kedua, berdasarkan data tahun 2000, jumlah rasio pekerja berpendidikan tinggi terhadap jumlah penduduk, relative masih rendah dibandingkan dengan negara Asia lainnya. Dengan atau tanpa bantuan pemerintah, pendidikan terhadap angkatan keja baru harus menjadi perhatian para pengelola perguruan tinggi termasuk STT PLN.

Salah satu penyebabnya adalah ketidak sesuaian antara keluaran pendidikan dan kebutuhan dunia kerja akan menyebabkan pengangguran.Sebagai penutup, saya perlu menitipkan pesan almamater kepada para wisudawan/wati agar selalu menjaga nama baik STT PLN dengan menunjukkan perilaku yang berkarakter, jujur, peduli, bertanggung jawab, tangguh, dan saling menghargai.

Bagi mereka yang mendapatkan Cum Laude dan berada pada ranking atas, saya ucapkan selamat dan menunjukkan kepada dunia luar bahwa kemampuan dan kompetensi saudara/I sesuai dengan nilai yang diperoleh. Bagi mereka yang mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, jangan khawatir karena perjuangan yang sebenarnya justru akan terjadi setelah lulus sarjana.

Untuk itu jangan pernah berhenti belajar karena setelah ini saudara punya lebih banyak kesempatan untuk belajar terus menerus termasuk mengulang materi-materi kuliah  yang didapat di STT PLN ini. Wisuda ini bukan akhir dari proses belajar saudara/i tapi merupakan awal dari bakti saudara/i kepada masyarakat.

Wabillahittaufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh

Jakarta, 19 November, 2011

Dr. Ir. Supriadi Legino

Kampus STT PLN :

Menara PLN, Jl. Lingkar Luar Barat, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat - 11750

Telp. (021) 5440342, 5440344 Fax. (021) 5440343

Official Website : www.sttpln.ac.id

Email: rektorat@sttpln.ac.id

Anda Sedang Berada Di: Category Blog Menuju Corporate University STT PLN